Rencana Beli Rumah Sebelum Menikah, Persiapkan Hal Ini!

Dilema, beli rumah dijual di Bogor atau nikah dulu? Biaya hidup setelah berumah tangga sudah pasti lebih besar. Diskusikan bersama pasangan untuk buat rencana keuangan demi menuju pernikahan yang mapan! Pertanyaan ini kerap menjadi dilema para pasangan muda sekarang. Impiannya sudah pasti, punya hunian idaman untuk ditinggali berdua pasangan usai menikah. Saat membangun rumah tangga, memang sebaiknya kamu telah mapan. Mapan dalam artian memiliki persiapan yang matang. Sebab, biaya hidup setelah berumah tangga sudah pasti terhitung besar. Apalagi, seiring kehadiran sang buah hati nantinya.

Oleh karena itu, mulailah mencicil kebutuhan rumah tangga sejak sekarang. Salah satunya, dengan memiliki rumah terlebih dulu. Tapi, bagaimana mengumpulkan dananya, sedangkan urusan pernikahan saja sudah menyita banyak biaya? Punya rumah sebelum menikah bukan tidak mungkin, tapi juga tidak mudah. Enam tips berikut ini bisa membantu kamu untuk mulai memilih kebutuhan mana yang jadi prioritas.

Rumah Dijual Di Bogor

  • Alokasikan Dana Dalam Tabungan Khusus

Ada baiknya jika kamu dan pasangan memiliki tabungan khusus untuk mempersiapkan masa depan. Pasangan yang sudah memiliki tujuan untuk menikah, berarti sudah memiliki penghasilan dan pekerjaan yang pasti sehingga memiliki dana cadangan. Untuk tabungan ini, pasangan harus berkomitmen tidak menggunakan dana tersebut hingga waktunya tiba. Tabungan khusus ini nantinya dapat digunakan untuk membayar down payment (DP) cicilan rumah, serta tambahan dana pernikahan lainnya. Coba atur porsi menabung sebesar 30% dari gaji agar impian untuk segera memiliki rumah segera tercapai. Jadi, kamu tak perlu pusing lagi memikirkan antara beli rumah atau nikah dulu.

  • Tetapkan Target

Mulai transparan dalam berdiskusi mengenai hal keuangan. Terutama, yang menyangkut rencana menikah dan membangun rumah tangga. Salah satunya, soal sumber pemasukan. Apakah kamu berdua akan bekerja? Jika pasangan kamu tidak bekerja, apakah kamu siap memenuhi kebutuhannya dan juga anak? kamu dan pasangan harus tetapkan target jumlah yang dihasilkan dalam menabung atau berinvestasi. Tabungan dan investasi tersebut tentu saja harus terus bertambah dan dilakukan secara konsisten. Jika pilih menikah dulu baru beli rumah, baiknya kamu telah memperhitungkan kondisi keuangan untuk saat ini dan ke depannya nanti. Pastikan penghasilan kamu cukup untuk mencicil rumah sekaligus memenuhi seluruh kebutuhan bersama pasangan.

  • Estimasi Harga Rumah Incaran

Kira-kira berapa harga rumah yang ingin kamu beli? Perhitungkan kemampuan dana yang kamu miliki sebelum memutuskan membeli rumah. Misalnya, kamu baru siap memiliki rumah 2 tahun lagi sebelum menikah. Maka, kamu harus mempersiapkan dana lebih besar dari harga rumah yang diinginkan saat ini. Pasalnya, rata-rata kenaikan harga rumah dijual di Bogor bisa mencapai 15-20% setiap tahunnya.

  • Pertimbangkan Investasi Jangka Panjang

Selain menabung, sebaiknya kamu dan pasangan perlu memikirkan investasi jangka panjang. Investasi jangka panjang sangat berguna dalam mempercepat realisasi impian kamu dan pasangan untuk memiliki rumah. Sisihkan penghasilan masing-masing sebanyak 20% dan simpan dalam bentuk investasi bernilai tinggi. Saat ini, jumlah investasi sangat beragam, mulai deposito, reksadana, tabungan rencana, investasi emas dan masih banyak lagi. kamu dan pasangan bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

  • Hentikan Kebiasaan Konsumtif

Memiliki pandangan untuk segera menikah artinya kamu sudah siap terhadap berbagai hal yang terjadi kedepannya. Sadarlah bahwa kamu sedang bersiap-siap memasuki jenjang yang lebih serius. Gaya hidup kamu, perlu diselaraskan bersama pasangan. Dengan begitu, kamu berdua punya pandangan sejalan dalam membatasi pengeluaran uang demi kebutuhan berdua. Hindari hal-hal yang bisa merugikan masa depan. Salah satunya, kebiasaan konsumtif yang berlebihan. Cobalah untuk menahan diri dari membeli baju atau handphone baru. Fokuskan dana untuk mencicil DP rumah.

  • Pertimbangkan Beli Rumah dengan Kredit

Jumlah dana yang dimiliki menentukan cara kamu membeli rumah, baik itu tunai ataupun kredit. Apabila dana yang dimiliki belum mampu untuk membeli rumah secara tunai, sebaiknya pilihlah KPR. Untuk memiliki rumah dengan cara KPR, kamu perlu membayar biaya uang muka sebesar 30% dari harga rumah. Setelah itu, kamu perlu mencicil dengan batasan 20-30% dari penghasilan setiap bulan. Jadi, sudah siapkan kamu memiliki rumah sebelum menikah? Menikah itu perlu dan tidak hanya sekedar cinta. Atur seluruh keuangan secara bijak agak kondisi keuangan kamu tetap dalam kondisi yang baik.

Butuh perencanaan dan persiapan yang matang dalam mengelola keuangan. Oleh karena itu, segera persiapkan sejak dini agar kamu bisa memiliki rumah saat sudah menikah nanti. Menabung dan mengumpulkan uang sejak dini meskipun kamu belum memiliki pasangan. Memiliki rumah bukan hanya perlu direalisasikan ketika sudah memiliki pasangan atau ketika akan menikah saja. Rumah merupakan kebutuhan yang perlu kamu miliki untuk meningkatkan kehidupanmu di masa mendatang. Kamu tidak akan terus mengandalkan rumah orang tuamu bukan? Kamu juga harus memiliki hasil dari perjuanganmu bekerja keras banting tulang untuk mendapatkan uang. Jangan sia – siakan uang yang kamu peroleh dengan susah payah untuk hal – hal tabu yang tidak bermanfaat dalam jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *