Cara Memilih dan Perbedaan Aneka Coklat Serbaguna untuk Memasak dan Membuat Roti

Di pasaran terdapat aneka coklat serbaguna yang bisa anda gunakan untuk membuat kue, memasak dan bahkan membuat minuman. Dengan begitu banyak pilihan ini, tentu membuat anda bingung jenis coklat mana yang tepat untuk kebutuhan anda. Sebelum membeli coklat, seseorang memang harus paham benar tentang macam-macam coklat. Sehingga, tidak salah pilih dan coklatnya mubazir karena tidak jadi digunakan.

Coklat berasal dari biji, atau nib, dari pohon kakao. Mereka dipanggang dan digiling untuk menghasilkan cairan atau pasta yang disebut coklat, yang kemudian dapat dipisahkan menjadi mentega coklat dan bubuk coklat. Percampuran antara mentega coklat (cocoa butter), bubuk coklat, gula, dan bahan lainnya menghasilkan berbagai jenis cokelat di pasaran. Untuk menjaga segala sesuatunya, departemen kesehatan memberikan standar industri untuk memberi label coklat.

Aneka Cokelat

Anda bisa memilih baking chocolate, semisweet chocolate, cocoa powder, white chocolate. Milk chocolate, bittersweet chocolate, couverture dan juga cocoa nibs. Coklat-coklat tersebut tidak semuanya bisa untuk dimasak, dimakan atau dibuat minuman. Untuk tahu lebih lanjut kegunaan aneka coklat serbaguna ini, simak ulasan berikut!

Baking cokelat

Juga disebut coklat pahit atau tanpa pemanis. Cairan coklat padat ini mengandung mentega kakao 50-58% dan tidak ditambahkan gula pasir. Coklat terbaik untuk memasak dan memanggang.

Darks chocolate atau cokelat pahit

Bisa dikatakan sebagai coklat paling gelap dari aneka coklat serbaguna. Memiliki rasa coklat terkuat dan mengandung setidaknya 35% cairan kakao. Beberapa merek premium mengandung 70% atau lebih cocoa butter dan cocoa solids. Paling baik untuk memasak, membuat kue, dan makan.

Semisweet

Jenis berikutnya adalah semisweet yang sering digunakan sebagai pengganti coklat pahit, namun memiliki lebih banyak gula tambahan. Berisi setidaknya 35% cairan kakao. Paling baik untuk memasak, membuat kue, dan makan.

Cokelat manis

Ada pula coklat manis yang memiliki gula lebih banyak dari pada semisweet, dan mengandung setidaknya 15% kakao. Merupakan jenis anek coklat serbaguna yang baik untuk memasak, membuat kue, dan makan.

Coklat susu

Macam berikutnya adalah coklat susu yakni salah satu jenis aneka coklat serbaguna yang mengandung setidaknya 10% kakao dan setidaknya 12% padatan susu untuk memberikan rasa manis dan lembut. Terbaik untuk dimakan.

White Chocolate

White chocolate adalah tidak benar-benar coklat “sejati” karena tidak mengandung zat padat coklat. Berisi setidaknya 20% mentega coklat. Saat coklat ini berisi mentega kakao yang diganti dengan lemak lain yang lebih murah, biasanya dibuat untuk permen coklat atau sejenisnya. White chocolate atau coklat putih ini paling tepat untuk memasak, membuat kue, dan makan.

Bubuk kokoa

Perlu kamu ketahui bubuk kakao atau coklat bubuk bisa manis atau pahit. Dibuat dengan mengering-kan dan menggiling coklat cair dan membuang sebagian besar mentega coklat, tetapi masih harus mempertahankan 10-22% mentega coklat.  Kakao diproses di perlakukan dengan agen alkalin untuk membuatnya lebih gelap, kurang pahit, dan lebih larut dalam cairan. Paling baik untuk dipanggang dan minum.

Couverture

Selain itu ada juga couverture yang mengandung setidaknya 32% cocoa butter, yang membuatnya sangat mengkilap dan memungkinkannya mengalir lebih mudah ketika meleleh. Coklat yang baik untuk digunakan sebagai cairan dan memanggang.

Kakao Nib

Dibuat dengan memanggang dan memecah biji kakao. Coklat yang terbaik untuk kue yang dipanggang.

Sekarang, pergilah ke toko coklat dan gunakan panduan di atas untuk mendapatkan aneka coklat serbaguna yang pas untuk kebutuhan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *